Selasa, 18 Desember 2012

Beli di mana buku pelajaran bahasa Jerman Studio dA1?

Buku pelajaran Bahasa Jerman selalu berubah seiring waktu. Sewaktu jaman saya kuliah 1990-1996, saya menggunakan buku Themen. Lalu Themen diperbaiki menjadi Themen Neu. Terdiri dari 3 seri yaitu Themen Neu 1, 2 dan 3. Nah, kalau sudah selesai belajar menggunakan buku ini, baru deh bisa mengikuti ujian ZDaF (Zertifikat Deutsch als Fremdsprache) yang sekarang berubah menjadi ZD (Zertifikat Deutsch).

Beberapa tahun yang lalu, Goethe Institut mengganti Themen Neu dengan buku Studio dA1 hingga dB2. Buku ini lebih ringan dan lebih mudah dibanding dengan buku Themen Neu. Lagipula sesuai dengan tingkat ujian yang disediakan. Artinya, untuk persiapan ujian A1 atau kalau mau lulus ujian A1, belajarlah memakai buku Studio dA1. 

Jadi, kalau ada guru bahasa Jerman kalian tidak pakai buku ini atau paling tidak memakai Themen Neu, jangan mau ya. Karena buku tersebut sudah ketinggalan jaman. Kecuali kalau belajarnya di Jerman atau Austria, karena setiap Sprachschule (tempat kursus bahsa) di sana, bisa jadi punya buku tersendiri sesuai kurikulumnya. Atau  SMA di Indonesia menggunakan buku Kontakte Deutsch. 

Sewaktu saya di Austria November 2012 lalu, saya menginap di rumah staf KBRI. Istri beliau kursus bahasa Jerman di Universitas Wina dan menggunakan buku ini.    



Buku Studio dA1 biasanya ada di Toko Buku Gramedia Matraman. Kalau di toko buku lain sepertinya gak ada deh, bahkan tidak semua Gramedia menyediakan buku ini. Maklum, pembelajar bahasa Jerman kan tidak banyak, jadi stoknya juga tidak banyak. Penerbit buku Studio dA1 hanya memasok keperluan Goethe Institut saja.   

Berhubung ada saja yang bertanya di mana bisa membeli buku Studio dA1 termasuk para murid saya, saya sekarang bantu para pembelajar bahasa Jerman di blog saya ini dengan menyediakan buku tersebut. 

Harganya satu set Rp 250.000,-, sama dengan harga di toko buku Gramedia. Tapi harga ini di luar ongkos kirim, ya. Satu set terdiri dari 1 buku pelajaran, 1 buku latihan dan 1 CD untuk pembelajar. Sudah dipak plastik oleh penerbitnya. Kirimnya nanti lewat TIKI/JNE. 



Buku pendampingnya 'Vokabeltaschenbuch' atau buku saku kosa kata harganya Rp 30 ribu. Isinya daftar kata yang ada dalam buku pelajaran Studio dA1 berikut artinya. Di Gramedia, sepertinya tidak dijual. Buku ini boleh beli, boleh tidak. Kalau sudah cukup dengan kamus, yah sudah, tidak usah beli. 

Buku-buku yang tersedia: 
1. Kamus kecil Langenscheidt, Rp 30 ribu/buah.
2. Studio dA1, Rp 250 ribu/set
3. Studio dA2, Rp 325 ribu/set.
4. Studio dB1, Rp 325 ribu/set.
5. Studio dB2, Rp 600 ribu/set
6. de el el, tergantung stok
Saya bisa dihubungi di 0858 1122 7868 (jangan SMS), pin BB 27ec901c, WA 0812 8115 0858.

Buku baru (7 November 2014)
1. Gramatika Ringkas Bahasa Jerman, Rp 60 ribu, penerbit Pons
2. Penjabaran dan Latihan Gramatika Bahasa Jerman, Rp 105 ribu, penerbit Pons. 

Di Jerman setiap penerbit punya kekhususan sendiri, Penerbit Pons, Hueber, Cornelsen dan beberapa penerbit lainnya khusus menerbitkan buku seri pelajaran bahasa Jerman untuk orang asing. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar