Minggu, 13 Januari 2013

Cara mudah menghafal artikel benda

Salah satu masalah dalam bahasa Jerman adalah menghafal kata-kata benda dalam bahasa Jerman. Sebenarnya itu bukan masalah, tapi fakta. Karena masalah selalu berbentuk pertanyaan, yaitu "Bagaimana cara mudah menghafal artikel benda dalam bahasa Jerman?"

Saya memberikan alternatif cara mudah belajar yaitu dengan membuat kartu dari karton buffalo berwarna warni. Pilih 3 warna saja, karena artikel benda dalam bahasa Jerman ada 3 kan? Atau 4 warna juga boleh, yang satu lagi untuk bentuk plural. Ukuran kartunya 5 cm x 8 cm. Lalu saya tuliskan sejumlah kata-kata yang sesuai dengan bab yang sedang dipelajari. 



Saya pilih karton buffalo karena ketebalannya sedang, sehingga kartu tidak cepat lusuh. Kedua, saya membeli karton buffalo atau karton yang sering digunakan untuk cover makalah. Ukurannya biasanya folio, bentuknya sudah lurus dan tidak melengkung seperti kalau kita membeli karton yang masih dalam bentuk gulungan. 

Saya mencoba ini untuk siswa saya yang masih kelas 6 SD dan dia sangat menikmatinya. Padahal biasanya dia paling malas banget kalau belajar bahasa Jerman apalagi disuruh buka buku. 

Hebatnya, dia bisa langsung menebak kalau setiap warna sudah saya klasifikasikan. Saya katakan, belum tentu, tetapi ketika dia berhasil mencari artikel beberapa kartu akhirnya saya buka rahasianya. Sambil memuji kecermatan dia mengasosiasikan warna dengan jenis artikel.

Jadi tugas selanjutnya adalah mencari arti dari kata-kata tersebut. Setelah selesai belajar, eh dia malah minta kartu-kartu tersebut untuk belajar sendiri. Saya berikan, justru senang karena dia menjadi senang belajar. 

Proyek saya selanjutnya adalah membuat kartu untuk belajar merangkai kalimat. Mau tahu, bagaimana proyek akhirnya? Cek terus blog ini ya.....

4 komentar:

  1. Salam Kenal Bu Pipit saya pengajar di sebuah SMA.Terimaksih atas informasinya. Teknik yang Anda berikan sangat membantu saya dalam mengajar Bahasa Jerman

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga, bu Indah. Senang juga kalau postingan ini bisa membantu dan menginspirasi guru dalam mengajar dan orang-orang yang belajar bahasa Jerman secara mandiri.

    BalasHapus
  3. Hallo!...Ich bin Malaiisch..Ich bin vierzehn Jahre alt..Ich lerne Deutsch in meine Schule..Ich lerne Deutsch aus gestern Jahre .Ich liebe Deutsch!Deutsch ist wunderbar und toll!..Deutsch ist sehr leicht...I am still beginner in this..I am sorry if there is a lot of mistake..I learned German just 1 years and still need more time to practice.Can I know where did you learn German..How long did you took to be fluent in German and is it hard??..Thank you..Danke..Tchüss!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Hamzi,
      thanks for your response. I studied German in a university in Jakarta, IKIP Jakarta, now Universitas Negeri Jakarta. It took almost 1 year for me to be fluent. However, some friends could speak fluently only some months. So it depends on the person. The more you learn, the faster you can speak fluently.

      Hapus