Rabu, 21 Februari 2018

Tipe dan jenis Studienkolleg

Ada dua tipe Studienkolleg. Ada SK yang terafiliasi dengan Universitat, dan ada yang terafiliasi dengan FH saja. Jika kamu lulus ujian dari SK universitas, kamu bisa kuliah di Uni atau FH. Jika kamu lulus di SK yang terafiliasi dengan FH, maka kamu hanya bisa kuliah di FH saja, tapi tidak di Uni. 

Pada dasarnya, lulusan Studienkolleg bisa kuliah di universitas dan FH di seluruh  Jerman. Mahasiswa tidak harus kuliah di SK dan Uni yang sama. Kamu bisa mengambil kuliah di SK di kota X, lalu kuliah di kota Y di Jerman. Tetapi, ada juga SK yang bekerja sama dengan sejumlah universitas tertentu, misalnya SK München. Di negara bagian North Rhein Westphalia, ujian assesmen atau Festellungsprüfung hanya berlaku di Uni dan FH di North Rhein Westphalia saja.

Ketika diterima dan belajar di satu SK, pada dasarnya tidak mungkin untuk berpindah dari satu SK ke SK lain. Jika ada pengecualian atas kasus tertentu, maka kedua direktur SK akan mempertimbangkan dan memutuskannya. 

Selain itu, penting juga untuk mengetahui, bahwa SK di Jerman terdiri dari SK negeri dan SK swasta. SK negeri biasanya tidak ada biaya dan degree mereka valid untuk kuliah dimanapun di seluruh Jerman. SK swasta harus membayar biaya kuliah. Penting bagi kamu mengecek, apakah ijasah SK swasta berlaku di seluruh Jerman atau hanya untuk negara bagian tertentu saja atau uni dan FH tertentu saja.



Sumber bacaan saya untuk artikel ini:
Merkblatt über die Zulassung zum Studienkolleg München (PDF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkunjung ke Jerman setelah pandemi

Gott sei Dank. Thanks God. Alhamdulillah. Puji Tuhan. Setelah pandemi Corona berakhir, Jerman mencabut larangan bagi orang Indonesia untuk b...