Rabu, 21 Januari 2009

Kenapa belajar bahasa Jerman?

Banyak orang Indonesia belajar bahasa Jerman terutama untuk kuliah di Jerman. Untuk mendaftar Studienkolleg di Jerman, pelamar asing termasuk Indonesia harus memiliki sertifikat ZD. Tetapi untuk jurusan tertentu seperti kedokteran, pelamar harus memiliki sertifikat ZMP. Kalau pelamar jurusan lain tetapi sudah memiliki sertifikat ZMP, maka masa belajar di Studienkolleg bisa dikurangi satu semester saja dari seharusnya 2 semester.

Ada juga yang belajar bahasa Jerman karena bermaksud menikah dengan orang Jerman. Salah satu syarat pengajuan visa ini adalah pemohon harus melampirkan sertifikat A1. Bagi yang bermaksud ke Jerman untuk mengikuti program Au pair (kakak angkat), harus melampirkan sertifikat A1 dan undangan dari Gastfamilie.

Bagi yang bekerja di perusahaan Jerman, menguasai bahasa Jerman juga dapat menjadi advantage value. Karena bisa dikirim ke Jerman atau negara berbahasa Jerman lainnya seandainya ada perkembangan terbaru dari principal di sana atau training mengenai suatu alat baru. Paling tidak bisa ngobrol dengan bos, dan siapa tau mudah naik pangkat. He he he.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar