Senin, 19 Januari 2009

Perfekt

Perfekt
Digunakan untuk mengatakan waktu yang telah lampau. Perfekt dalam Bahasa Jerman digunakan dalam percakapan sehari-hari. Karena itu sangat penting menguasai bentuk perfekt untuk memahami percakapan.

Pola kalimat Perfekt adalah :
Subjekt + haben/sein + Ergänzung + Partizip Perfekt

Contoh kalimat :
Ich bin gerade gekommen.
Er ist in der Stadt gewesen.
Sie ist nur zu Hause geblieben.
Wir haben viel Spaghetti gegessen.
Sie haben einen Brief aus Schweden bekommen.

Kata kerja sein digunakan jika verb yang digunakan adalah yang bermakna perpindahan tempat atau perubahan keadaan. Pengecualian untuk kata bleiben, sein. Kata kerja tersebut adalah fahren, gehen, fliegen, schwimmen, werden, aufstehen, etc.

Selain itu, semua kata kerja menggunakan kata bantu haben. Kata kerja sein dan haben mengalami konyugasi seperti biasa.

Perubahan bentuk Partizip Perfekt
1. ge + stammt + t
kaufen --> gekauft
machen --> gemacht
suchen --> gesucht
zeigen --> gezeigt

2. ge + infinitiv
sehen --> gesehen
fangen --> gefangen
tragen --> getragen
braten --> gebraten

3. stammt + t
kata kerja yang berakhiran –ieren
reparieren --> repariert
studieren --> studiert
renovieren --> renoviert
operieren --> operiert

4. ge + vokal berubah menjadi o + en
helfen --> geholfen
brechen --> gebrochen
giessen --> gegossen
sprechen --> gesprochen

5. ge + vokal berubah menjadi u + en
singen --> gesungen
finden --> gefunden
trinken --> getrunken

6. ge + vokal dari ei menjadi ie + en
schreiben --> geschrieben
leihen --> geliehen

7. Kata kerja trennbareverben, ge diletakkan di antara kedua kata
anrufen --> angerufen
vorlesen --> vorgelesen

8. Kata kerja yang bukan termasuk trennbare verben tidak memerlukan penambahn ge-
bekommen --> bekommen
gefallen --> gefallen
empfehlen --> empfohlen

9. Tidak termasuk salah satu pola di atas.
schneiden --> geschnitten
erziehen --> erzogen
verstehen --> verstanden
bringen --> gebracht

Bentuk-bentuk Partizip Perfekt lainnya bisa dilihat di lampiran Unregelmässige Verben di setiap kamus Bahasa Jerman.

19 komentar:

  1. mbak, mau nanya dong. bisa tidak perfekt digunakan untuk menceritakan sesuatu dalam bentuk paragraf?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ka kazu : jika anda ingin menceritakan sesutu dalam bentuk paragraf harus menggunakan praeteritum. Das Perfekt digunakan lisan.sperti percakapan sehari2..danke

      Hapus
  2. Hallo ka kazu,
    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.

    Tentu saja bisa. Perfekt digunakan untuk membuat sebuah kalimat. Dan jika ada sejumlah kalimat dengan satu pikiran utama, maka jadilah sebuah paragraf. Paragraf terdiri dari sejumlah kalimat bukan?

    Sebagai latihan, cobalah buat cerita mengenai kegiatan kamu pada satu hari Minggu yang sudah lewat. Tak perlu banyak-banyak, cukup 5 kalimat saja. Nah, kamu sudah membuat satu paragraf.

    Kalau mau, kirimkan saja ke saya, nanti saya akan koreksi. Selamat belajar bahasa Jerman, ya.

    BalasHapus
  3. kak, sebelumnya makasih blognya udah ngasih manfaat bget, bantu aku bikin tugas akhir sekolah :)
    kak mau tanya gmana kalo untuk lesen, esse, dan trinken. kata kerja ini kan nggak mengalami perpindahan, tapi kata kja tsb digolongkan menggunakan haben, ini ada rumusnya atau emang pengecualian kak. trimakasih jawabannya

    BalasHapus
  4. Liebe Ully,
    Sesuai dengan informasi yang ada dalam artikel yang saya tulis, kalau kata kerja tidak mengalami perpindahan tempat atau perubahan kata kerja, maka kata bantu yang digunakan adalah haben.

    Nah, kata kerja lesen, essen dan trinken termasuk kata kerja yang tidak mengalami perpindahan tempat atau perubahan keadaan dan dengan demikian kata kerja bantunya adalah "haben". Perhatikan paragraf ke-4 dan ke-5. :)

    Terima kasih yah sudah berkunjung dan senang sekali kalau blog ini bisa membantu tugas sekolah. Jangan sungkan untuk bertanya, ya....

    BalasHapus
  5. salam kenal kak Pipit
    saya edi dari cikarang. kalau saya mencoba membuat perfekt menjadi sebuah paragraf, boleh ya di koreksi disini.

    BalasHapus
  6. saya belum paham bhs jerman kalo kalimat perfekt kata kerja beraturan kaya gmna yaa? trus kalimat perfekt yg kata kerja beraturannya gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari penjelasan di atas, maka nomor 1,2, 3 dan 7 adalah contoh kalimat dari kata kerja beraturan (regelmäßige Verben). Nomor yang lain adalah kata kerja yang tidak beraturan (unregelmäßige Verben). Daftar kata kerja yang tidak beraturan lainnya dapat dijumpai di halaman belakang setiap kamus bahasa Jerman. Kalau sebuah kata kerja tidak diketemukan dalam daftar tersebut, artinya kata kerja tersebut termasuk dalam kerja yang beraturan.

      Hapus
  7. Kak, tolong jelaskan merupakan kalimat apa ini "zwei tage, denn ich habe auch Schloss besucht, das Schloss Neuschwansfein und Linferhof"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya ini adalah jawaban dari sebuah pertanyaan, ya. Saya menduga pertanyaannya adalah, "Berapa lama kamu berada di sana (di daerah tersebut)? Sehingga jawabannya adalah "Zwei Tage." Dua hari. "Denn, ich habe auch Schloss besucht" = Karena saya juga mengunjungi kastil.
      Kalimat "Ich habe auch Schloss besucht" adalah kalimat Perfekt, karena ada pola Subjekt + habe besucht + Objekt. Yang kurang tepat adalah obyeknya yaitu Schloss, karena dalam kalimat kamu disebutkan adanya dua kastil, jadi seharusnya bukan "Schloss" saja, tetapi "zwei Schlösser".

      Hapus
    2. Kak kalau untuk penggunaan weil dan denn itu gimana kak apa perbedaaaanya??

      Hapus
  8. Halo kak ich haiße cia.. Kak kalau untuk karena itu penempatan atau sasaran kalimatnya seperti apa. Misalkan disini ada weil dan denn atau mungkin masih d yg lainnya?..makasih😊

    BalasHapus
  9. kak bisa tidak membuat paragraf dan terdiri 10 kata kerja perfekt ka bantuin dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau membuat satu paragraf artinya membuat satu cerita. Pikirkan saja dulu temanya. Biasanya kegiatan apapun yg dilakukan kemarin bisa diceritakan dengan menggunakan bentuk tense Perfekt, misalnya liburan, pergi ke mall, pergi ke pasar atau sekedar bersih-bersih rumah. Buat kerangka ceritanya dalam bahasa Indonesia dulu, lalu tentukan kata kerja bahasa Jermannya (yg mudah-mudah saja dan yg sudah dipelajari), baru buat dalam bentuk Perfekt. Selamat belajar! Alles Gute!

      Hapus
    2. Kalau membuat satu paragraf artinya membuat satu cerita. Pikirkan saja dulu temanya. Biasanya kegiatan apapun yg dilakukan kemarin bisa diceritakan dengan menggunakan bentuk tense Perfekt, misalnya liburan, pergi ke mall, pergi ke pasar atau sekedar bersih-bersih rumah. Buat kerangka ceritanya dalam bahasa Indonesia dulu, lalu tentukan kata kerja bahasa Jermannya (yg mudah-mudah saja dan yg sudah dipelajari), baru buat dalam bentuk Perfekt. Selamat belajar! Alles Gute!

      Hapus
  10. seperti ini, saat libur sekolah saya lebih banyak dirumah karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan jadi banyak melakukan aktivitas dirumah saja. saat adzan magrib saya dan keluarga berbuka puasa dg teh hangat dan kue kue kecil. setelah selesai saya pergi keMAsjid untuk sholat Tarawih sampai selesai. pada pukul 03.00 saya dan keluarga sahur dg agar pagi harinya kami dalam melaksanakan puasa dibulan Ramadhan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Pertama, jumlah kalimatnya belum 10. Kedua, buatlah kalimat yang sederhana saja dengan menggunakan pola SPOK (Subyek, Predikat, Obyek, Keterangan) misalnya "Saya makan nasi di teras." Kenapa? Karena masih pemula, kata-kata yang dikenal dan dikuasai masih sedikit dan sederhana. Cerita kamu cukup rumit untuk dibuat dalam bahasa Jerman level A1. Buat lagi ya.

      Hapus
  11. bismilah, semoga ilmu ini menjadi berkah.
    kenapa kata "trinken, ziehen, nennen, reiten, rufen, riechen, dan masih banyak lagi" masuk dalam unregelmaessigen? padahal stammvokal mereka tidak berubah?

    vielen dank ^^

    BalasHapus