Sabtu, 20 Oktober 2012

Program TV "Inovator" dari Deutsche Welle

Liebe Freunde,
sudah banyak yang tau Deutsche Welle ya, program TV dan radio dari Jerman. Bisa diklik di www.dw.de. Apa aja sih yang bisa didapat dari Deutsche Welle (DW)? Banyak banget. Saya sendiri seminggu sekali mendengarkan DW dalam bahasa Jerman untuk menjaga dan melatih kemampuan mendengar saya. 

Maklum deh, cari partner berbahasa Jerman di Indonesia kan tidak mudah. DW memungkinkan hal tersebut. Cuma untuk yang bahasa Jermannya masih level pemula masih agak sulit untuk memahami. Gak apa-apa, dengarkan saja, nanti lama-lama, telinga kita akan terlatih.



Kali ini DW membuat terobosan baru untuk pemirsa Indonesia yaitu dengan menghadirkan program TV bernama "Inovator", keine Sorge (jangan khawatir), programnya dalam bahasa Indonesia, kok.

Isi atau materinya menarik banget. Sesuai dengan namanya, "Inovator" program TV ini memfokuskan pada bidang sains dan teknologi, isu-isu lingkungan, gaya hidup dan ilmu kedokteran, riset terkini mulai dari teknologi luar angkasa, inovasi untuk meminimalisir berbagai akibat perubahan iklim, atau cara-cara mengobati masalah kesehatan. Ada juga sesi yang menceritakan gaya hidup di Jerman.

Yang paling saya suka dari program ini adalah wawancara dengan ilmuwan-ilmuwan Indonesia yang bekerja di Eropa. Yeayyy, banyak lho orang Indonesia yang berkiprah di Eropa, bangga deh. Dan saya yakin, banyak pembaca dan pembelajar di blog ini dan akan ke Jerman untuk kuliah, suatu hari akan jadi nara sumber dalam program ini. Aamiin.

Durasi acara 26 menit dan hadir seminggu sekali di TVRI, Bali TV, Radar TV, Banten TV dan Tempo TV. 

Jadwal Tayang program "Inovator"

Stasiun Televisi
Jam
TVRI Daerah (Jakarta dan Banten)
Sabtu, 15.30 WIB
TVRI Nasional
Kamis, 10.00 WIB
Bali TV
Senin, 17.00 WIB, Jum'at 11.30 WIB (siaran ulang)
Tempo TV
Selasa, 19.30 WIB, Rabu 11.00 WIB (siaran ulang)
Radar TV
Kamis, 19.00 WIB, Senin 19.00 WIB (siaran ulang)
Banten TV
Jum'at 12.30 WIB, Senin 20.30 WIB (siaran ulang) , Selasa 07.00 WIB (siaran ulang)

Gak sempat nonton di TV, gak masalah, konten multimedia dari seri acara „Innovator“ dapat juga diakses secara online di www.dw.de/Indonesia.

Yuk, nonton "Inovator".


1 komentar:

  1. Salam kenal :)
    Saya termasuk pengikut program Deutsche Welle Warum Nicht di dw.de. Terasa lebih mudah belajar bahasa Jerman dengan audio sembari membaca teksnya yang juga disediakan dl pdf (shg kita bisa sekalian tahu cara mengucapkan kata-kata dl bahasa Jerman), ketimbang hanya melalui buku saja. Tdk hanya bahasa, kita juga diberikan wawasan mengenai berbagai kondisi di Jerman (runtuhnya tembok Berlin, daerah-daerah di timur Jerman, dsb). Program ini sangat membantu, apalagi ternyata tersedia juga dl bahasa Indonesia :)

    BalasHapus