Kamis, 25 Januari 2018

Informasi studi di Jerman dan beasiswa

Ada lima alasan untuk kuliah di Jerman:
1. Mutu pendidikan yang sangat baik
2. Beragam program studi yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di Jerman
3. Penelitian dan pengajaran yang unggul
4. Teori dan praktek yang saling berhubungan
5. Fokus internasional yang kuat



Kuliah di Jerman tidak semahal kuliah di AS atau Australia karena pada dasarnya, sebagian biaya kuliah ditanggung oleh pemerintah Jerman. Hal ini berlaku untuk mahasiswa Jerman dan mahasiswa asing termasuk mahasiswa yang berasal dari Indonesia. 




Memilih program studi dan perguruan tinggi di Jerman:
- www.study-in.de
- www.daad.de/international-programmes
- www.hochschulkompass.de/en

Dimana saya dapat belajar dan ujian bahasa Jerman?
Salah satu syarat untuk mendaftar ke Universitas dan Fachhochschule di Jerman adalah menyertakan sertifikat bahasa Jerman minimal B1. Untuk kuliah Kedokteran diperlukan sertifikat B2. Calon mahasiswa bisa kursus bahasa Jerman di Goethe Institut atau les privat. Jika les privat maka ujiannya harus di Goethe Institut. Peserta yang demikian disebut peserta external, sedangkan peserta kursus Goethe Institut yang ikut ujian disebut peserta internal. Ujian A1 hingga C1 dan seterusnya dapat diambil di Goethe Institut Jakarta dan GI Bandung. Untuk jadwal ujian dan biaya ujian, silahkan hubungi Goethe Institut di bawah ini.
- Goethe-Institut Jakarta
- Goethe-Institut Bandung
- Ujian TestDaF

Haruskah saya belajar di Studienkolleg?
Studienkolleg adalah kursus persiapan kuliah bagi mahasiswa non Jerman yang berlangsung 1-2 semester.
- Studienkolleg di Jerman
- Studienkolleg Indonesia

Informasi persyaratan visa, bukti keuangan, daftar penerjemah:
- Kedutaan Besar Jerman di Jakarta

Informasi beasiswa di Jerman:
Secara umum, untuk kuliah S1 atau Bachelor Degree tidak ada beasiswa karena kuliah di Jerman gratis. Kalaupun ada yang harus dibayar, biayanya murah dan untuk makanan dan transportasi mahasiswa itu sendiri. Tetapi, kalau sudah kuliah, maka akan ada sejumlah beasiswa untuk mahasiswa yang diumumkan di kampus-kampus. Kalau di Indonesia, misalnya beasiswa SuperSemar (ini jaman saya kuliah dulu tahun 90-an).
Beasiswa untuk kuliah di Jerman biasanya untuk mereka yang akan kuliah Master Degree dan Program Doktoral (PhD.) dapat dicek di sini.
- DAAD
- Funding Guide

Konsultasi
Jika mau berkonsultasi atau mau sekedar ngobrol-ngobrol dulu untuk kuliah di Jerman, silahkan hubungi pak Yanuar Budiarso di 0811 823 380. Saya sendiri lebih fokus pada mengajar bahasa Jerman untuk persiapan ujian bahasa Jerman, saya bisa dihubungi di 0812 8115 0858. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkunjung ke Jerman setelah pandemi

Gott sei Dank. Thanks God. Alhamdulillah. Puji Tuhan. Setelah pandemi Corona berakhir, Jerman mencabut larangan bagi orang Indonesia untuk b...