Senin, 19 Januari 2009

Kata kerja dengan pola khusus Dativ

Mudah-mudahan beberapa artikel terdahulu mengenai obyek Dativ dan kata kerja yang membutuhkan artikel dalam bentuk Dativ bisa dipahami dan sudah dikuasai.

Saya ulangi lagi, ya, pembahasan mengenai Dativ terdahulu.
1. Kalimat yang menggunakan obyek Akkusativ dan Dativ.
Ich kaufe meinem Bruder das Buch.

2. Kalimat dengan kata kerja yang obyeknya dalam bahasa Indonesia bermakna akkusativ, tetapi dalam bahasa Jerman harus menggunakan obyek Dativ.
Ich helfe dem Mann.     

Kali ini, saya akan menjelaskan kata kerja yang juga harus menggunakan obyek Dativ. Tetapi, pola kalimatnya tidak ada dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Untuk memahami kalimat-kalimat dengan kata kerja khusus tersebut, cara mengartikannya dalam bahasa Indonesia benar-benar terbalik dengan cara menuliskannya dalam bahasa Jerman.

Misalnya :
Ich mag das Buch. (Saya suka buku itu.)
Ich = Saya, adalah subyek atau nominativ.
das Buch = buku itu, adalah obyek Akkusativ
"mag" adalah kata kerja berasal dari kata mögen yang berarti suka.     

Kata kerja yang artinya sama dengan mögen adalah gefallen.

Tetapi jika kita ingin menggunakan kata gefallen, maka kalimatnya menjadi

Das Buch gefällt mir.
Maknanya sama yaitu "Saya suka buku itu".

Atau, dosen saya memberikan arti begini (supaya pas dengan pola kalimat bahasa Indonesia), "Buku itu memberikan rasa suka kepada saya". 

Kalimat lain dengan kata kerja dengan pola serupa adalah
Die Suppe schmeckt mir gut. (Saya suka rasa sup itu)
Die Blumen gehören der Hausfrau. (Bunga itu milik ibu itu)

Subyek (pelaku, biasanya orang), jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia harus menjadi obyek dativ dalam kalimat bahasa Jerman. Obyeknya (benda yang dimaksud) justru menjadi subyek.

Kata kerja dengan pola khusus ini adalah schaden, gefallen, gehören, nutzen etc.

Mudah-mudahan penjelasan ini bisa membantu, ya. Jangan lupa buat latihan di buku pelajaran yang ada di toko buku atau searching di internet. Ubungen macht Meister, makin banyak berlatih, makin mahir.

 
Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!

 

Belajar berbisnis bersama d’BC Network!
Jaringan indenpendent consultant oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkunjung ke Jerman setelah pandemi

Gott sei Dank. Thanks God. Alhamdulillah. Puji Tuhan. Setelah pandemi Corona berakhir, Jerman mencabut larangan bagi orang Indonesia untuk b...